Senin, 28 September 2015

Artikel Pasar

Pasar

Pendahuluan

             Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. 
             Struktur Pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industry. Secara luas pasar dibagi menjadi berdasarkan bentuknya, berdasarkan wujud, luas jangkauan, dan hubungan proses produksi. Didalam artikel ini kita dapat mengetahui secara lengkap apa yang dimaksud dari diatas tersebut. Didalam bagian bagian pasar yang disebutkan tadi, adapun fungsi pasar sebagai berikut yaitu:
  • Pasar sebagai Sarana Distribusi
berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya kepada konsumen.
  • Pasar sebagai Pembentuk Harga
berfungsi membuat harga dimana pada suatu pasar terdapat para pembeli menawarkan harga jual yang diakhiri kesepakatan
  • Pasar sebagai Sarana Promosi
Berfungsi menjadi tempat memperkenalkan suatu barang/jasa berserta keunggulan yang dibutuhkan konsumen

Pembahasan

Berdasarkan Bentuk-Bentuknya
Pasar Persaingan Sempurna yaitu pasar dimana dalam suatu industri terdapat sangat banyak penjual maupun pembeli dan produk yang diperdagangkan bersifat homogen sempurna.
Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana dalam sebuah industri hanya terdapat sebuah perusahaan dan produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yang sempurna
Monopolistic adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak dan pada dasarnya adalah pasar yang berada diantara dua pasar yang ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli 
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri dari beberapa produsen saja. Jika hanya dua perusahaan disebut dengan duopoli 
Berdasarkan Wujudnya
  • Menurut Kegiatannya
Pasar nyata adalah pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barangbarang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

  • Menurut Transaksinya
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya. 

Berdasarkan Luas Jangkauannya
Pasar Lokal adalah suatu pasar yang pelaksanaannya dalam bentuk lokal atau daerah tertentu.
Pasar Nasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara penjual dengan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam satu negara, contoh pasar nasional adalah pasar cengkih di manado, pasar kakao di makassar, pasar tembakau di sumatra dan lain-lain.
Pasar Internasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara pembeli dengan penjual di berbagi negara contoh pasar internasional pasar karet di malaysia, pasar tembakau di Bremen, dan pasar Kopi di dunia.
Berdasarkan Hubungan Proses Produksinya
Pasar Input (Pasar faktor-faktor produksi) adalah pasar yang memperjualbelikan hasil-hasil produksi alam berupa hasil pertanian, tanah dan tenaga kerja, serta barang modal.
Pasar Output (Pasar  Produk) adalah pasar yang memperjuabelikan barang-barang hasil produksi (dalam bentuk barang jadi). 
Kesimpulan

          Pasar adalah bertemunya penjual dan pembeli secara langsung yang didalamnya melakukan permintaan dan penawaran terhadap barang atau jasa. Dengan melakukan kegiatan tersebut akan membuat ketetapan harga dalam artian luas. Sehingga jika pasar sudah mempunyai harga ketetapan didalam pasar mikro maupun makro akan melahirkan berbagai jenis jenis pasar yang disesuaikan dengan keadaan, waktu, kejadian yang sedang berlangsung maupun yang akan berlangsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar